Stasiun Kertosono & Pecel Tumpang


Dari dulu sering mendengar tentang pecel tumpang stasiun kertosono, di group yang membahas tentang kereta api kalau ada hal yang membahas tentang kertosono pasti dihubungkan dengan nasi pecel tumpeng pintu keluar stasiun kertosono. Pada bulan juli kemarin saya ingin ke jogja menghadiri Pameran Estetika Magis menyempatkan untuk makan siang di stasiun kertosono kalau tidak salah pada waktu jam 13.00 siang.

Sehabis jalan provinsi saya belok kanan kea rah stasiun kertosono dan sekitar banyak rumah- rumah tua yang menarik sedikit yang kuabadikan. Setiba di stasiun aku melihat bangunan stasiun yang cukup besar dan rame beda dengan stasiun serang, walaupun kertosono kecamatan tapi stasiunnya besar. Setelah mencari tahu di internet tentang mengapa besarnya stasiun kertosono? Karena menghubungkan jalur percabangan antara barat (kertosono- nganjuk- madiun), arah timur (kertosono- mojkerto- Surabaya) dan terakhir arah selatan (kertosono- Kediri-blitar) yang disebut juga jalur kantung


Jalur kertosono- nganjuk- madiun dibangun oleh dibangun oleh perusahaan kereta api milik pemerintah belada SS dimulai dari 1881 dan selesai 1882. di stasiun kertosono juga ada percabangan ke arah pabrik gula lestari, jalur ini khusus kereta lori yang mengangkut komoditas gula yang akan di distribusikan di kota besar ataupun di eksport. dimasa sekarang stasiun ini jadi milik PT KAI dan dinaungi oleh Daop 7 madiun

Rumah Dinas Pegawai Stasiun Kertosono

Membahas tentang pecel stasiun kertosono speerti yang awal saya bahas. Aku menemukan yang kumau pecel tumpeng tapi ada 3 toko yang jual pecel tumpeng jadi aku milih yang paling deket dengan pintu keluar, banyak yang ngomong kalau pecel ini malah lebih deket dengan pecel Kediri. Mungkin sebagian orang yang terbiasa dengan pecel dapat membedakan pecel antara daerah kalau menurutku rasanya sama aja tapi tampilan doing yang rada beda


Nasi pecel tumpeng stasiun kertosono rasanya biasa aja karena dasarnya aku gak suka tumpeng dan gak bikin kenyang kenapa bisa terkenal, pecel ini menggunakan tambahan sate ayam, tempe, dan peyek kacang. Kalau untuk harga ini murah banget aku habis 6 ribu/ 8 ribu kalau gak salah, lumayan menggajal perut untuk ke solo

Terima kasih sudah membaca

Comments