Situs Watu Gudig, batu yang gudikan.

Situs watu  gudig berasal dari kata jawa watu yang berarti batu dan gudig yang berarti penyakit kulit yang meyebabkan gatal dan timbul bentol merah di kulit seperti kudis (scabies). dinamakan begitu oleh masyarakat sekitar karena batu tersebut ditumbuhi lumut seperti penyakit gudikan.

Situs ini berada di jalan tembusan prambanan piyungan sebelum belokan ke ratu boko kalau dari arah prambanan ada papan penunjuk ke situs ini walau kecil. dari jalan gede ke situs ini hanya 100 meter. situs ini sampingan dengan makam watu gudig secara administratif situs ini berada di dusun jobohan desa bokoharjo kec prambanan. kalau ke ratu boko sekalian mengunjungi situs ini.

Situs watu gudig diduga sebagai bangunan pendopo didasari dengan ditemukan beberapa batu umpak yang biasanya digunakan sebagai alas penyangga tiang. jumlah umpak batu andesit yang ditemukan disitus ini berjumlah 44 buah dan beragam ukuran menurut situs jogjacagar.jogjaprov.go.id

Berbeda dengan umpak sentonorejo yang berbentuk segi enam dari bawah hingga atas dan berlubang diatasnya. sedangkan situs watu gudig bagian bawah berbentuk segi empat dan atasnya berbentuk lingkaran dan ada tonjalan kecil ukuran sekita 5 cm. 



Foto diambil pada tahun 2014 dan baru diupload di 2023 mungkin ada perbedaan dengan sekarang. saya sarankan kalau kesini sore hari biasanya ada yang jaga, kalau gak ada yang jaga biasanya pintu dikunci.



Comments