Depo Mekanik Purwosari

Saya mengetahui depo mekanik ini karena temen saya ainul ngekost di kerten solo, saat pulang dari rumah temen, saya nyasar dan melewati depo mekanik ini. saya baru tahu kalau ada yang namanya depo mekanik, yang saya tau hanya depo lokomotif. bangunan ini ada di utara stasiun purwosari.


Tampilan depan depo mekanik

Bangunannya seperti dua lantai dengan warna putih dominan dan juga abu-abu. dengan dua rel menuju kedalam dipo mekanik dan dua pintu dengan warna abu-abu dan ada tulisan plasser dan theurer. mungkin dipo mekanik ini untuk menyimpan kereta plasser dan theurer.


Mengintip dari celah pintu pagar terbuka terlihat kereta penumpang kereta jaladara yang berbahan kayu dan berwarna hijau dan krem. dan ada beberapa ruangan dan juga motor pekerja depo. nama resmi bangunan depo ini ialah UPT Mekanik Jalan dan Jembatan DAOP 6 Yogyakarta. kalau dari plakat aset bangunan depo berukuran 750m2.

Terlihat didalam depo mekanik ada kereta penumpang jaladara

Bagian samping depo terlihat ada beberapa blok bata roster yang digunakan untuk sirkulasi angin dan juga jendela bulat yang sama fungsinya. bagian dinding samping ada huruf timbul dengan tulisan depo loko. mungkin sebelum menjadi depo mekanik dahulu digunakan untuk depo loko. kalau sekarang depo loko ada di solo balapan.

Plakat aset kereta api indonesia

Gudang semen didepan bangunan depo mekanik.  di depan gudang ini juga biasanya kereta plasser berada. saat saya melihat dengan google maps bangunan gudang semen ini sudah gak ada. terakhir lihat di tahun 2018. dan foto-foto ini diambil pad atahun 2016.

Bagian samping depo mekanik

Gudang semen sudah dirobohkan


Comments