Museum Surabaya, Sejarah Sosial budaya surabaya

Museum surabaya berada di mall layanan publik yang menempati gedung siola. gedung siola berada diujung awal jalan tunjungan, jalan tunjungan adalah jalan satu arah menuju pertigaan embong malang dimana tunjungan plaza ada.  gedung siola adalah gedung salah satu cagar budaya yang dulunya gedung white laidlaw. di sekitar jalan tunjungan dikelilingi oleh banyak gedung cagar budaya.

Gedung siola awalnya dibangun untuk toserba ditahun 1877. untuk koleksi museum surabaya berkaitan dengan kesejarahan sosial budaya surabaya. museum ini dilantai satu gedung siola. museum surabaya diresmikan oleh walikota tri risma harini ditanggal 3 mei 2015. harga tiket masuk gratis paling hanya bayar parkir kendaraan untuk operasional dari selasa hingga minggu, dan hari senin tutup.

Ada koleksi bangku belajar sekolah dan berserta dengan papan tulis hitam yang biasanya nulis pakai kapur. bangku panjang sekolah berbahan  kayu ini menyatu dengan mejanya khas dengan masa lalu. mejanya juga tidak datar tapi miring kedalam/ kearah siswa. membuat kenangan tentang sd kita kembali.

Koleksi peralatan sekolah penunjang pendidikan di surabaya sejak tahun 1948, koleksi peralatan sekolah didapatkan dari beberapa sekolah. koleksinya adalah bell, mesin ketik, rapot sekolah, mesin stensil untuk memperbanyak berkas dengan cara manual, peralatan fisika, kimia dan elektro.

Merk grand piano merk grotrian-steiweg. ada grand piano milik gombloh.

Perabotan bersejarah seperti kaca, meja makan dan lemari 


Angguna adalah transportasi legendaris dari kota pahlawan. angguna merupakan singkatan dari "angkutan serba guna" sesuai dengan namanya kendaraan ini bisa mengangkut orang dan juga barang. angguna merupakan berbebntuk wagon dengan bak terbuka dibelakang. beroperasi mulai dari tahun 1988 dan pada masa jayanya ditahun 1992 dengan armada sebanyak 150. untuk harga lebih murah daripada taksi.


Bemo kendaraan beroda tiga, satu roda didepan dan dua roda dibelakang, bemo masuk surabaya 1962. bemo yang ada di surabaya diproduksi oleh daihatsu dengan type daihatsu midget. kehadiran bemo untuk menggantikan becak.

Pernahkah dengar dengan becak siang dan becak malam. pada tahun 1970 becak menjadi alat transportasi idola masyarakat surabaya. jumlah becak pada tahun itu kurang lebih 42.775 becak, karena jumlahnya yang banyak maka diberlakukan pembagian jam operasional yaitu 29.875 becak siang warna biru dan 12.900 becak malam warna putih.

Lemari kecil dengan radio besar dan ada beberapa iklan tentang radio. radio besar ini diproduksi oleh bush radio london yang dibuat tahun 1950, radio besar ini untuk mendengarkan siaran gelombang menengah (AM). dan telepon putar awrna hijau



Seragam pemadam kebakaran memiliki tiga seragam salah satunyanya baju tahan api yang melindungi petugas dari panasnya api dan tahan hingga 1000 celcius. ada juga berbagai helm dari beberapa tahun lalu, ada juga sarung tangan beserta penyemprot air.

Lemari kayu dengan laci yang banyak ternyata dahulu sebagai tempat menyimpan arsip pemakaman di pemakaman kembang kuning. koleksi ini didapatkan dari balaikota.


Sejarah uang juga ditampilkan di museum ini beserta bebebrapa brangkas untuk menyimpan dokumen.

nah itu beberapa koleksi museum surabaya. jangan lupa datang

Comments