Stasiun Gresik, Stasiun non aktif di pusat gresik lama

Stasiun gresik adalah salah satu tujuanku menuju gresik ini, dahulu stasiun gresik ini dikenal dengan nama belanda station grisee, sedangkan saat stasiunini sudah nonaktif malah masyarakat lebih mengenal stasiun ini dengan stasiun blandongan. stasiun gresik ini salah satu stasiun nonaktif di daerah pekalingan kecamatan gresik kabupaten gresik. stasiun ini masuk daerah operasi 8 surabaya. dengan ketinggian stasiun 2 mdpl karena dekat dengan pelabuhan.


Stasiun ini dibangun oleh perusahan kereta api swasta yaitu nederlandsch-indische spoorweg maatschappij. diawali dengan membuka jalur kereta api lintas sumari-gresik dan kemudian dibuka pada 1 juni 1902. jalur sumari-gresik dibongkar pekerja romusha pada tahun 1943.


Untuk menyambungkan jalu rel kereta gresik-surabaya maka dibangun jalur kereta gresik kandangan melalui stasiun indro pada tanggal 3 januari 1924. pada saat stasiun ini aktif banyak penumpang yang naik turun  di stasiun ini. stasiun gresik ditutup pada oktober 1975 karena kalah saing dengan transportasi darat lainnya.


Bentuk bangunan stasiun ini bergaya Tudir-NIS dengan bahan dinding kayu. kanopi dan handel sinyal dan wesel bertipe alkmaar buatan belanda masih tersisa termasuk wujud stasiun walaupun kayunya sudah banyak berlubang dan di timur bangunan masih ada bekas gudang. di dinding stasiun masih tersisa sticker pt herona.


sumber
wikipedia stasiun gresik
lengkong sanggar ginaris






Comments