Peninggalan K.G.P.A.A. MANGKUNEGARA IV



     K.G.P.A.A Mangkunegoro IV adalah penguasa dari kadipaten mangkunegara lahir pada tanggal 3 Maret 1811 (Senin Pahing, 8 Sapar 1738 tahun Jawa Jumakir, Windu Sancaya) dengan nama kecil Raden Mas Sudira. bertahta 1853-1881 dan digantikan oleh mangkunegara V.  Semasa bertahta, MN IV mendirikan pabrik gula di Colomadu (sebelah barat laut kota Surakarta, telah ditutup) dan Tasikmadu. pabrik gula tasikmadu didirikan 1871 dengan luas 28,364 hektar di tanah milik kraton mangkunegara. dari sejak dibangun sampai sekarang masih aktif. dan digunakan juga sebagai wisata dengan nama agrowisata sondokoro.
     Saat sedang iseng muter muter kota solo menggunakan motor terbesit untuk mengunjungi agrowisata sondokoro. bodohnya karena Cuma iseng doang jadi lupa bawa duit, duit hanya bisa buat bayar parkir doang. agrowisata banyak wahana tapi karena lupa bawa duit yasudah mencari spot yang gratis saja. kadang berpikir di banten kayaknya gak ada pabrik gula bekas belanda, entah bener gak ada ataupun saya yang gak mau cari paling pabrik gula jawa manis di bojonegara itupun pabrik baru. 

   Ada sebuah bangunan terbuka yang bertuliskan “PENINGGALAN K.G.P.A.A. MANGKUNEGORO IV”. terlihat sangat menarik karena berjajar dua sebuah kendaraan milik MN IV saat melakukan inspeksi ke PG Tasikmadu. 

KREMOON

Atau disebut juga dengan gerbong berwarna dominan hijau dan ada ukiran berwarna emas dibuat tahun 1875 digunakan saat MN IV mengunjungi PG tasikmadu. kalau dilihat dari kata mengunjungi berarti gerbong ini dibawa dari suatu tempat ke tasikmadu. Saat bertanya ke mas fendi, ada jalur kereta menuju PG tasikmadu dari stasiun kemiri yang sekarang jalurnya sudah hilang. jadi ST. SOLOBALAPAN- ST. KEMIRI- PG TASIKMADU itulah jalurnya.
BAGIAN DALAM GERBONG


BENDI

Adalah kendaraan tradisional yang banyak digunakan pada masa lampau, dengan kuda sebagai penarik utamanya, kalau di serang mah delman. Bendi berwarna hijau gelap dan dibuat tahun 1874 digunakan untuk mengunjungi kebun tebu.

LORI BADER

Adalah lori pengangkut tebu. Didalam keterangan dikatakan bahwa lori ini dibuat oleh MN IV, bisa membantu tenaga loko uap. saya gak tau maksudnya membantu tenaga. lori ini dibuat pada tahun 1880

Lagi gak ada duit tiba tiba melintas loko uap, cuma bisa elus dada


 terima kasih sudah membaca

sumber 
wikipedia
fendy fawzi


Comments